Tips Membeli Rumah Terpenting: Jangan Terlihat Sangat Butuh Rumah!

Membeli rumah adalah salah satu momentum yang besar bagi setiap orang. Pasalnya, rumah merupakan salah satu jenis properti yang memiliki harga yang tidak murah. Bagi Anda yang baru ingin membeli rumah untuk pertama kalinya, ada banyak hal yang penting untuk diketahui.

Rumah merupakan istana bagi setiap orang yang menempatinya. Bagaimanapun bentuk rumah, kondisi rumah, maupun lokasi rumah sangat diperlukan oleh setiap keluarga. Dengan memiliki rumah sendiri, Anda bisa berlindung di pagi dan malam hari tanpa harus membayar sewa rumah atau kontrakan.


Tips Membeli Rumah Bagi Pemula

Jangan sampai Anda terlihat seperti sangat butuh rumah. Jika Anda sampai bersikap seperti itu, maka penjual menjadi memiliki kesempatan untuk menaikkan harga rumah dengan harga yang tinggi. Meskipun Anda benar-benar membutuhkan rumah, namun Anda harus bersikap santai dan rileks. Anda bisa mencari cadangan tempat tinggal seperti menyewa kontrakan hingga akhirnya Anda mendapatkan rumah yang tepat.

Jika ini adalah kali pertama Anda membeli rumah, Anda harus benar-benar mempersiapkan dana untuk membeli rumah. Harga rumah memang tidak murah. Jadi, Anda bisa mengumpulkan uang dari jauh-jauh hari untuk bisa membeli rumah baru. Agar tidak tertipu ketika membeli rumah baru, Anda bisa mempelajari beberapa tips penting di bawah ini.


1. Pikirkan tujuan jangka panjang

Rumah merupakan kebutuhan untuk jangka panjang. Anda harus memperhatikan gaya rumah atau pun desain rumah yang akan Anda beli. Bagaimanapun juga, Anda akan menempati rumah tersebut dalam jangka panjang, bahkan mungkin selamanya.

Ketika Anda sudah menemukan rumah yang cocok dengan selera Anda, lakukan penawaran. Jangan terlalu nafsu untuk membelinya. Pertimbangkan hal lain seperti lokasi rumah dan kondisi rumah. Jika sudah benar-benar sesuai dengan keinginan, Anda bisa membeli rumah tersebut.

2. Datangi pameran properti

Jaman sekarang, Anda mungkin bisa mencari rumah dengan menggunakan bantuan internet. Anda bisa mencari berbagai informasi tentang rumah di jual secara online. Namun, Anda tidak boleh mengabaikan pameran properti. Dengan mendatangi pameran properti, Anda akan bertemu langsung dengan pengembang rumah tersebut.

Anda bisa mencari informasi penting mengenai kelebihan dan kekurangan rumah secara langsung. Anda juga memiliki kesempatan untuk memilih berbagai macam desain rumah. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini.

3. Periksa kondisi dan lingkungan rumah

Kondisi rumah dan lingkungan rumah adalah dua hal penting yang akan mempengaruhi kehidupan Anda di rumah tersebut. Sebisa mungkin, carilah rumah yang memiliki lingkungan yang bagus. Anda akan membina keluarga di rumah tersebut sehingga Anda harus memastikan lingkungan rumah baik untuk perkembangan psikologis dan kesehatan anak.

Kondisi rumah juga harus di cek dengan detail. Periksa dinding dan atap rumah. Jika kira-kira rumah yang akan Anda beli membutuhkan renovasi yang banyak, Anda bisa mempertimbangkannya. Renovasi rumah di jaman sekarang cukup mahal. Anda akan rugi kalau membeli rumah yang memerlukan banyak renovasi.

4. Beli Rumah KPR

Rumah bukanlah sesuatu hal yang murah. Jadi, Anda tidak harus bernafsu ketika ingin memiliki sebuah rumah baru. Banyak hal penting yang harus dipersiapkan. Ketika Anda belum mampu untuk membeli rumah, Anda tidak perlu membeli rumah secara cash. Pilihlah rumah KPR.

Pastikan bahwa Anda memiliki modal sebagai uang muka yang cukup. Jika Anda membayarkan uang muka dalam jumlah yang cukup tinggi, cicilan yang Anda bayarkan akan menjadi semakin sedikit. Atau jika Anda memang memiliki uang cash, belilah rumah sesuai dana yang Anda miliki. Jangan terlalu berharap memiliki rumah yang mewah dan besar. Belilah rumah kecil terlebih dahulu. Jika pendapatan Anda kemudian naik, Anda bisa membeli rumah yang lebih besar.