Mencari Rumah Murah? Awas Malah Rugi Besar

Semua orang pasti tertarik dengan kata rumah murah. Sebagai salah satu properti yang paling penting dalam kehidupan manusia, harga rumah memang selalu melonjak dari waktu ke waktu. Itulah mengapa ketika ada iklan rumah murah selalu diserbu oleh banyak orang. Sebenarnya, membeli rumah sah-sah saja asalkan Anda mengetahui dengan pasti siapa pemiliknya dan bagaimana kondisi rumah tersebut.


Rumah dengan harga yang lebih murah biasanya adalah rumah inden, rumah lelang, ataupun rumah bekas. Jenis-jenis rumah tersebut memang biasanya dijual dengan harga yang lebih murah oleh penjualnya. Apa sajakah kerugian ketika Anda membeli rumah dengan harga yang murah.

Kerugian Membeli Rumah Murah

Layaknya membeli kendaraan bermotor atau pun barang lain, membeli dengan harga murah memang sedikit merisaukan. Sudah pasti jika harga suatu barang pastinya akan membawa kualitas dari barang tersebut. Jika Anda menemukan rumah yang dijual dengan murah, Anda harus berhati-hati dan jangan terburu-buru membelinya. Mengapa demikian?

1. Lokasi yang tidak strategis

Boleh jadi harga rumah tersebut memang murah. Namun, bagaimana jika lokasi dari rumah tersebut jauh dari keramaian? Ini akan membuat Anda sulit untuk bepergian kemana-mana. Rumah yang terletak di tempat yang tidak strategis sudah pasti akan dijual dengan murah karena tidak banyak orang yang menginginkannya. Rugi besar kalau membeli rumah di tempat yang kurang strategis. Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk berbisnis.


2. Memerlukan renovasi

Rumah dalam kondisi yang masih bagus pastilah tidak akan dijual dengan harga yang murah. Boleh jadi tampilan luar dari rumah tersebut mewah dan masih bagus. Namun, bagaimana kalau dindingnya sudah tidak baik, gentengnya banyak yang bocor, air nya tidak lancar, bahkan ternyata tidak dapat menjangkau sinyal internet dengan baik. Sudah pasti hal tersebut akan sangat merepotkan Anda. Ingat, membeli harga rumah murah yang memerlukan renovasi justru akan membuat biaya yang harus dikeluarkan menjadi semakin besar. Pertimbangkanlah baik-baik.

3. Tidak memiliki legalitas

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membeli rumah adalah legalitas dari rumah tersebut. Rumah murahan memang tidak selalu tidak memiliki legalitas. Namun, pastikan Anda telah mengecek hal ini dengan sebaik mungkin. Jangan sampai karena Anda terlalu tertarik dengan rumah murah yang ditawarkan sampai-sampai Anda lupa untuk mengecek legalitas dari rumah tersebut. Ini akan menjadi kerugian besar bagi Anda nantinya. Anda bisa kehilangan rumah tersebut suatu saat karena tidak memiliki bukti hitam di atas putih atas kepemilikan rumah Anda.

Jadi, jangan sampai Anda tergoda untuk membeli harga rumah yang murah. Jika Anda memang benar-benar menginginkan rumah yang murah, pastikanlah Anda mengenal dengan baik pemilik rumah sebelumnya. Jangan lupa untuk mengecek kondisi rumah, fasilitas yang tersedia, maupun kelayakan huni dari rumah murah yang ditawarkan. Sekilas, membeli rumah murah memang menggoda. Namun yakinlah, tidak semua rumah murah yang ditawarkan memiliki kondisi yang masih bagus. Cek lah dengan teliti.